Otak Kiri vs Otak Kanan

Roger Sperry (1960) merupakan pelopor yang membagi dan membedakan dalam teorinya tentang fungsi otak kiri dna otak kanan. Beliau mengungkapkan jika salah satu otak sedang bekerja maka otak yang lain cenderung lebih rileks dan tenang. Menurutnya juga fungsi ekdua otak inilah yang akan membentuk keprinadian, karakter, sifat dan kecerdasan yang berbeda tiap individu. Bagian otak yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan intelektual (berfikir, penalaran, membayangkan, merancang, memgingat) adalah otak besar. 



Seperti yang kita ketahui sebelumnya, otak (brain) merupakan organ penting yang berada di dalam rangka atau tulang tengkorak, dna letaknya simetris terbagi emnajdi dua belahan yakni kiri dan kanan. Karena merupakan organ vital dan sentral, maka gangguan pada organ ini akan mempengaruhi aktivitas manusia.

Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.
Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).




Otak kiri
Otak kiri merupakan otak yang secara anatomi terletak pada belahan kiri yang berfungsi dan bertanggung jawab dalam kecerdasan Intelegensi (intelligence quotient (IQ)), berpikir secara sistematis terstruktur, berpikir secara nalar, rasio dna logika, kemampuan bahasa secara verbal, berpikir analitik sesuai dengan prosedur dan juga semua aktivitasnya berupa short term memory (memory jangka pendek)oleh karena itu fungsi matematika, berbicara dan bahasa akan terganggun jika otak kiri bermasalah.
Otak kanan
Otak kanan merupakan otak yang secara antomi terletak di sebelah kanan yang bertanggung jawab dalam hal kecerdasan emosi (emotional quotient (EQ)), kemmapuan intuitif seni kreativitas, kemampuan berkomunikasi dengan sesame/ sosialisasi, mengendalikan semosi, dna juga pusta keerdasan daya imajinatif dan kreativitas, kemampuan berfikir yang tidak begitu terstruktur, berupa long term memory (memory jangka panjang).  Kemampuan visual dan emosi kana terganggun jika otak kanan bermasalah.
Lalu otak bagian mana yang baik? Nah sebenarnya kedua fungsi otak merupakan satu kesatuan fungsi sehingga keduanya baik, apalagi bisa dilakukan dengan seimbang karena fungsi maisng-maisng tiap belahan otak sangat penting demi kelangsungan hidup manusia. Menurut penelitian manusia cenderung lebih banyak yang mengandalkan otak kiri dalam menjalani hidupnya. Tidak heran karena dalam sekolah formal dari tingkat dasar dan kuliah lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri.
 

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali informasinya,saya juga memiliki informasi seputar Psikologi,berikut linknya http://www.leppsi.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Favorit Pembaca

LDL-Kolesterol-Jahat

Kolesterol HDL dan kolesterol LDL mungkin sedikit awam di telinga masyarakat. Hal itu dikarenakan kedua kolesterol tersebut digabungkan me...