Kenali Infeksi Telinga Pada Anak

Menurut situs Wikipedia, setidaknya ada tiga jenis infeksi telinga bagian dalam yang umum terjadi termasuk pada bayi dan anak-anak:
1. Otitis media akut (Acute Otitis Media / AOM). Merupakan infeksi telinga yang sering dipicu oleh virus yang menyerang sistem pernafasan bagian dalam. Saat cairan mulai terkumpul dibagian tengah telinga, sering kali bakteri mulai menginfeksi. Beberapa jenis bakteri yang biasa ditemukan pada kondisi otitis media akut diantaranya Haermophilus influenzae, Streptococcus pneumoniae, dan Moraxella catarralis.

2. Otitis media dengan efusi (Otitis meda with effusion / OME). Para ahli menyatakan kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus dan menyebabkan terkumpulnya cairan di dalam area telinga bagian dalam. Biasanya kondisi ini tidak disertai dengan rasa sakit namun jika tidak segera ditangani, dapat menganggu proses pendengaran si kecil.
3. Chronic suppurative otitis media. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri selama selang beberapa pekan atau lebih dan melibatkan pembentukan lubang pada daerah gendang telinga. Seringkali tanda yang menyertai kondisi ini adalah keluarnya cairan kental dan berbau tidak sedap dari telinga.


Tanda umum infeksi telinga bagian dalam pada anak-anak

Gejala umum yang nampak pada anak yang mengidap Otitis media biasanya muncul dalam waktu singkat dan meliputi:
  1. Mengalami sakit telinga dibagian dalam terutama saat berbaring
  2. Sulit untuk tertidur dan biasanya selalu memegangi bagian telinga
  3. Lebih gampang menangis dan rewel dari biasanya
  4. Mengalami gangguan pendengaran
  5. Terganggunya keseimbangan tubuh
  6. Keluarnya cairan dari telinga
  7. Demam dengan suhu 38oC atau lebih
  8. Hilang nafsu makan dan sakit kepala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Favorit Pembaca

LDL-Kolesterol-Jahat

Kolesterol HDL dan kolesterol LDL mungkin sedikit awam di telinga masyarakat. Hal itu dikarenakan kedua kolesterol tersebut digabungkan me...