Langsung ke konten utama

Kenali Infeksi Telinga Pada Anak

Menurut situs Wikipedia, setidaknya ada tiga jenis infeksi telinga bagian dalam yang umum terjadi termasuk pada bayi dan anak-anak:
1. Otitis media akut (Acute Otitis Media / AOM). Merupakan infeksi telinga yang sering dipicu oleh virus yang menyerang sistem pernafasan bagian dalam. Saat cairan mulai terkumpul dibagian tengah telinga, sering kali bakteri mulai menginfeksi. Beberapa jenis bakteri yang biasa ditemukan pada kondisi otitis media akut diantaranya Haermophilus influenzae, Streptococcus pneumoniae, dan Moraxella catarralis.

2. Otitis media dengan efusi (Otitis meda with effusion / OME). Para ahli menyatakan kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus dan menyebabkan terkumpulnya cairan di dalam area telinga bagian dalam. Biasanya kondisi ini tidak disertai dengan rasa sakit namun jika tidak segera ditangani, dapat menganggu proses pendengaran si kecil.
3. Chronic suppurative otitis media. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri selama selang beberapa pekan atau lebih dan melibatkan pembentukan lubang pada daerah gendang telinga. Seringkali tanda yang menyertai kondisi ini adalah keluarnya cairan kental dan berbau tidak sedap dari telinga.


Tanda umum infeksi telinga bagian dalam pada anak-anak

Gejala umum yang nampak pada anak yang mengidap Otitis media biasanya muncul dalam waktu singkat dan meliputi:
  1. Mengalami sakit telinga dibagian dalam terutama saat berbaring
  2. Sulit untuk tertidur dan biasanya selalu memegangi bagian telinga
  3. Lebih gampang menangis dan rewel dari biasanya
  4. Mengalami gangguan pendengaran
  5. Terganggunya keseimbangan tubuh
  6. Keluarnya cairan dari telinga
  7. Demam dengan suhu 38oC atau lebih
  8. Hilang nafsu makan dan sakit kepala

Komentar

Pos populer dari blog ini

6 Tanda Dan Gejala Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Penyebabnya Pada artikel ini kita akan membahas gejala penyakit batu ginjal, penyebab, faktor risiko, jenis-jenis batu ginjal serta cara pengobatannya. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda.

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

1. Benjolan / Penebalan di Sekitar Payudara
Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus anda perhatikan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka telah terkena kanker payudara stadium awal.

Perbedaan Igg dan Igm

Suatu imunoglobulin (Ig) atau antibodi merupakan protein yang mengikat antigen dalam kasus-kasus tertentu. Baik IgM dan IgG merupakan imunoglobulin. Antibodi diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen seperti bakteri dan virus. IgM merupakan antibodi yang dihasilkan segera setelah exposure-kedapatan adanya- penyakit, sementara IgG merupakan reaksi lanjutannya. IgG umumnya memberikan kekebalan kepada pasien.