Langsung ke konten utama

7 Wabah Paling Mematikan Dalam Sejarah

Wabah penyakit mematikan yang terjadi dalam perjalanan sejarah meninggalkan catatan berharga. Kematian dengan jumlah korban besar sering terjadi akibat wabah penyakit polio, cacar, kolera maupun ebola.
Berikut ini wabah penyakit dengan kondisi dan penanganan medis yang sulit disembuhkan. Ratusan hingga jutaan korban direnggut nyawanya. Bukan hanya orang-orang yang meninggal, orang-orang yang terjangkit turut mengalami kondisi yang kronis.

1.Flu Spanyol (1918)

Wabah paling mematikan sepanjang sejarah ini dikenal dengan sebutan Spanish Influenza, salah satu jenis dari virus influenza. Flu Spanyol adalah gelombang flu paling pertama yang pernah terjadi.
Kemunculan flu Spanyol pertama dideteksi pada tahun 1918. Lantas menyebar dengan sangat cepat dari Asia, Eropa, hingga Amerika bagian utara. Penyakit ini menelan korban sekitar 50 sampai 100 juta orang dalam waktu dua tahun. Dari informasi yang dihimpun, jumlah korban yang meninggal di Amerika Serikat mencapai lebih dari setengah populasi warga.

2.Maut Hitam (1348)

Penyakit yang popular dengan sebutan The Black Death termasuk salah satu penyakit menular yang melanda wilayah Eropa pada tahun 1348 sampai 1351. Sebanyak 25 sampai 60 persen populasi penduduk Eropa meninggal.

Forum Liputan6

Data lebih akurat mencatat, korban jatuh mencapai lebih dari 75 juta hingga 200 juta jiwa. Wabah yang juga dikenal dengan nama The Great Mortality atau The Pestilence merupakan penyakit pandemik mematikan kedua yang terjadi pada abad pertengahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tanda Dan Gejala Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Penyebabnya Pada artikel ini kita akan membahas gejala penyakit batu ginjal, penyebab, faktor risiko, jenis-jenis batu ginjal serta cara pengobatannya. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda. Susah Buang Air Besar

Batu Ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

Perbedaan Igg dan Igm

Suatu imunoglobulin (Ig) atau antibodi merupakan protein yang mengikat antigen dalam kasus-kasus tertentu. Baik IgM dan IgG merupakan imunoglobulin. Antibodi diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen seperti bakteri dan virus. IgM merupakan antibodi yang dihasilkan segera setelah exposure-kedapatan adanya- penyakit, sementara IgG merupakan reaksi lanjutannya. IgG umumnya memberikan kekebalan kepada pasien.

Struktur Otak Dan Fungsinya

Otak manusia memiliki tanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan serta pemikiran manusia. Oleh sebab itu terdapat kaitan yang erat antara otak dan pemikiran. Otak serta sel saraf yang ada didalamnya dipercayai memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan tentang otak dapat mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak bertanggung jawab atas fungsi seperti emosi, pengenalan, pembelajaran motorik ingatan, serta segala bentuk pembelajaran yang lainnya. Otak mempunyai beberapa fungsi, yaitu :