Perbedaan Igg dan Igm

Suatu imunoglobulin (Ig) atau antibodi merupakan protein yang mengikat antigen dalam kasus-kasus tertentu. Baik IgM dan IgG merupakan imunoglobulin. Antibodi diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen seperti bakteri dan virus. IgM merupakan antibodi yang dihasilkan segera setelah exposure-kedapatan adanya- penyakit, sementara IgG merupakan reaksi lanjutannya. IgG umumnya memberikan kekebalan kepada pasien.



Respon imun (kekebalan) berbeda-beda. Misalnya, antibodi yang diproduksi oleh tubuh saat terpapar cacar air berbeda dari respons yang dihasilkan akibat terpapar virus lainnya. Bahkan tubuh bisa memproduksi antibodi yang salah terhadap dirinya sendiri sehingga menimbulkan penyakit yang namanya penyakit auto-imun.


Imunoglobulin G atau IgG adalah antibodi yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. IgG ditemukan di semua cairan tubuh dan berfungsi melindungi tubuh manusia terhadap serangan bakteri dan virus.

Sebuah perbedaan penting antara kedua antibodi ini berkaitan dengan exposure. Antibodi IgM biasanya ditemukan di dalam tubuh manusia setelah terkena penyakit, sedangkan IgG adalah reaksi jangka panjang, respon tubuh terhadap suatu penyakit. Sebagai contoh, jika seorang anak terkena cacar air, maka ia akan menunjukkan hasil tes IgM yang meninggi. Setelah penyakitnya berlalu maka si anak mendapat kekebalan jangka panjang dengan mengembangkan antibodi IgG. Sementara IgM merupakan indikator infeksi saat ini, sedang IgG menunjukkan baru-baru ini atau masa lalu terekspos terhadap suatu penyakit.
IgM akan hilang dalam waktu dua atau tiga minggu, yang kemudian digantikan oleh IgG yang akan ada seumur hidup dan memberikan kekebalan.

1 komentar:

  1. jika hasil pemeriksaan serologis sebagai berikut: igM HAV negatif, igG HAV Positif, HbsAg negatif, HbsAb posiitif, HBcAb negatife, HCV Ab positif. maka, kesimpulan penderita saat ini menderita?????????

    BalasHapus

Favorit Pembaca

LDL-Kolesterol-Jahat

Kolesterol HDL dan kolesterol LDL mungkin sedikit awam di telinga masyarakat. Hal itu dikarenakan kedua kolesterol tersebut digabungkan me...