Langsung ke konten utama

Perbedaan Igg dan Igm

Suatu imunoglobulin (Ig) atau antibodi merupakan protein yang mengikat antigen dalam kasus-kasus tertentu. Baik IgM dan IgG merupakan imunoglobulin. Antibodi diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen seperti bakteri dan virus. IgM merupakan antibodi yang dihasilkan segera setelah exposure-kedapatan adanya- penyakit, sementara IgG merupakan reaksi lanjutannya. IgG umumnya memberikan kekebalan kepada pasien.



Respon imun (kekebalan) berbeda-beda. Misalnya, antibodi yang diproduksi oleh tubuh saat terpapar cacar air berbeda dari respons yang dihasilkan akibat terpapar virus lainnya. Bahkan tubuh bisa memproduksi antibodi yang salah terhadap dirinya sendiri sehingga menimbulkan penyakit yang namanya penyakit auto-imun.


Imunoglobulin G atau IgG adalah antibodi yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. IgG ditemukan di semua cairan tubuh dan berfungsi melindungi tubuh manusia terhadap serangan bakteri dan virus.

Sebuah perbedaan penting antara kedua antibodi ini berkaitan dengan exposure. Antibodi IgM biasanya ditemukan di dalam tubuh manusia setelah terkena penyakit, sedangkan IgG adalah reaksi jangka panjang, respon tubuh terhadap suatu penyakit. Sebagai contoh, jika seorang anak terkena cacar air, maka ia akan menunjukkan hasil tes IgM yang meninggi. Setelah penyakitnya berlalu maka si anak mendapat kekebalan jangka panjang dengan mengembangkan antibodi IgG. Sementara IgM merupakan indikator infeksi saat ini, sedang IgG menunjukkan baru-baru ini atau masa lalu terekspos terhadap suatu penyakit.
IgM akan hilang dalam waktu dua atau tiga minggu, yang kemudian digantikan oleh IgG yang akan ada seumur hidup dan memberikan kekebalan.

Komentar

  1. jika hasil pemeriksaan serologis sebagai berikut: igM HAV negatif, igG HAV Positif, HbsAg negatif, HbsAb posiitif, HBcAb negatife, HCV Ab positif. maka, kesimpulan penderita saat ini menderita?????????

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tanda Dan Gejala Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Penyebabnya Pada artikel ini kita akan membahas gejala penyakit batu ginjal, penyebab, faktor risiko, jenis-jenis batu ginjal serta cara pengobatannya. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda.

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

1. Benjolan / Penebalan di Sekitar Payudara
Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus anda perhatikan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka telah terkena kanker payudara stadium awal.